Selasa, 22 Desember 2009

IMUNISASI BCG

Jumlah Pemberian

Cukup 1 kali, karena vaksin BCG berisi kuman hidup sehingga antibodi yang terbentuk akan memiliki kualitas yang sama dengan yang terinfeksi secara alami. Oleh karena itu, antibodi yang dihasilkan melalui vaksinasi sudah tinggi. Berbeda dari vaksin yang berisi kuman mati, umumnya memerlukan booster atau pengulangan.

Usia Pemberian 

Kelompok umur yang rentan terserang TB adalah usia balita, terutama usia kurang dari 1 tahun. Hal ini disebabkan anak umumnya punya hubungan erat dengan penderita TB dewasa, seperti dengan ibu, bapak, nenek, kakek, dan orang lain yang serumah. Karena itulah, vaksin BCG sudah diberikan kepada anak sejak berusia kurang dari 1 tahun, yaitu usia 2 bulan. Di usia ini sistem imun tubuh anak sudah cukup matang untuk mendapat vaksin BCG. Namun, bila ada anggota keluarga yang tinggal serumah atau kerabat yang sering berkunjung ke rumah menderita TB, maka ada baiknya bayi segera diimunisasi BCG setelah lahir.

Bila umur bayi sudah terlewat dari 2 bulan, sebelum dilakukan vaksinasi hendaknya jalani dulu tes Mantoux (tuberkulin). Gunanya untuk mengetahui, apakah tubuh si anak sudah kemasukan kuman Mycobacterium tuberculosis atau belum. Vaksinasi BCG dilakukan apabila tes Mantoux negatif.

Lokasi Penyuntikan 

Yang dianjurkan oleh WHO adalah di lengan kanan atas. Cara menyuntikkannya pun membutuhkan keahlian khusus karena vaksin harus masuk ke dalam kulit. Bila dilakukan di paha, proses menyuntikkannya lebih sulit karena lapisan lemak di bawah kulit paha umumnya lebih tebal. Para orangtua juga tak perlu khawatir dengan luka parut yang bakal timbul di lengan, karena umumnya luka parut tersebut tidaklah besar. Jadi tidak akan merusak estetika keindahan lengan anak Anda kelak.

Berikan Vaksin Saat Anak Sehat 

Tak perlu ragu melakukan vaksinasi bila anak hanya sekadar batuk pilek. Vaksinasi sebaiknya ditunda dulu apabila anak demam tinggi atau sedang menderita penyakit yang berat (misalnya sampai perlu perawatan di rumah sakit). Alangkah baiknya bila melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada yang lebih ahli sebelum melakukan vaksinasi.

Tanda Keberhasilan Vaksinasi 

Tanda keberhasilan vaksinasi BCG berupa bisul kecil dan bernanah pada daerah bekas suntikan yang muncul setelah 4-6 minggu. Benjolan atau bisul setelah vaksinasi BCG memiliki ciri yang sangat khas dan berbeda dari bisul pada umumnya. Bisul tersebut tidak menimbulkan rasa nyeri, bahkan bila disentuh pun tidak terasa sakit. Tak hanya itu, munculnya bisul juga tak diiringi panas. Selanjutnya, bisul tersebut akan mengempis dan membentuk luka parut.

Bila Ada Reaksi Berlebih 

Tingkatkan kewaspadaan bila ternyata muncul reaksi berlebih pascavaksinasi BCG. Misal, benjolan atau bisul itu lama tidak sembuh-sembuh dan menjadi koreng. Atau, malah ada pembengkakan pada kelenjar di ketiak (sekelan). Ini dapat merupakan pertanda si anak pernah terinfeksi TB sehingga menimbulkan reaksi berlebih setelah divaksin. Sebaiknya segera periksakan kembali ke dokter.

Penting diketahui, setiap infeksi selalu diikuti oleh pembesaran kelenjar limfe setempat (regional) sehingga bisa diraba. Jadi infeksi ringan akibat vaksinasi di lengan atas akan menyebabkan pembesaran kelenjar limfe ketiak. Jika infeksi terjadi pada pangkal paha, akan terjadi pembesaran kelenjar limfe di lipatan paha. Namun efek samping ini tidak terjadi pada semua bayi. Yang berisiko apabila bayi tersebut sudah terinfeksi TB sebelum vaksinasi.

Bila Tak Timbul Benjolan 

Orangtua tak perlu khawatir bila ternyata tidak muncul bisul/benjolan di daerah suntik. Jangan langsung beranggapan bahwa vaksinasinya gagal. Bisa saja itu terjadi karena kadar antibodinya terlalu rendah, dosis terlalu rendah, daya tahan anak sedang menurun (misalnya anak dengan gizi buruk) atau kualitas vaksinnya kurang baik akibat cara penyimpanan yang salah.

Meski begitu, antibodi tetap terbentuk tetapi dalam kadar yang rendah. Jangan khawatir, di daerah endemis TB (penyakit TB terus-menerus ada sepanjang tahun) seperti Indonesia, infeksi alamiah akan selalu ada. Booster-nya (ulangan vaksinasi) bisa didapat dari alam, asalkan anak pernah divaksinasi sebelumnya.


Referensi

1. Prof. DR. Dr. Sri Rezeki S Hadinegoro, Sp.A(K), Staf pengajar pada Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran UI dan Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia

12 komentar:

  1. Salam,
    Anak saya sekarang sudah berumur 9bulan, pada waktu umur 1bulan dia mendapatkan suntikan BCG pada bagian paha,umur 2bulan DPT, umur 3bulan keluar benjolan di pangkal paha dan benjolan tersebut sebesar jari kelingking garis pertama orang dewasa.
    Apakah anak saya telah terinfeksi TB sebelum imunisasi padahal sebelum umur 2bulan sudah diimunisasi ??
    Apakah afek samping dari benjolan tersebut ??

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. wah bagus sekali, yg ingin saya tanyakan. kenapa dosis tiap imunisasi beda - beda? trus lokasi penyuntikan juga berbeda, kenapa ya? mks....kirim ke nugrahadendi@gmail.com

    BalasHapus
  3. bagaimana tingkat kecemasan keluarga dengan pemberian imunisasi BCG ???mksh

    kirim ke agusfghji@ymail.com

    BalasHapus
  4. Kemarin anak saya yg berusia 2 bln menjalani imunisasi BCG, namun pada saat proses penyuntikkan pada kulit lengan kanan atas jarumnya menembus keluar, kesimpulannya cairan suntikkan tersebut hanya masuk sedikit, apakah hal tersebut juga bisa bisa juga sebagai antibodi?Mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  5. anak saya usia 2 bulan kmrn dan langsung di vaksinasi BCG.tapi setelah vaksin dia jd rewel apakah reaksinya menimbulkan nyeri ya dok??mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  6. anak saya menangis terus setelah vaksin BCG.
    badannya tidak panas. suhunya normal.
    menurut dokter bagaimana?

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah anak sy bisul bekas BCG nya baru aja pecah.. hihi.. khawatir awalnya. Twnya memang normal n bagus ya. Pdhl ini anak ke 2, anak pertama sy msh kerja, jd g tw.

    BalasHapus
  8. Salam sejahtera,
    Saya mau tanya, anak saya sudah diimunisasi bcg, dan timbul pembengkakan pd ketiak, sudah di bawa ke dokter specialis anak dan diberi obat antituberkolosis, tp kenapa ya kok benjolanya semakin besar dan aemakin keras? Dan tindakan apa yang harus saya lakukan untuk menanganinya

    BalasHapus
  9. Anak saya umur 1bln suntik bsg dlngan tangan knan..stlh 2bulan baru ad bnjolan.. Tp knpa smpe skrng blum kempes" dan sudh kluar nanah brulang kli.. Knpa ea

    BalasHapus
  10. Anak saya usia 7 bulan sekarang dan melakukan Vaksin BCG saat usia 3 bulan di papa sebelah kiri.Namun benjolan itu semakin membesar dan sampai sekarang belum kempis dan sebesar sendok teh benjolan nya.Apakah itu wajah? Dan berapa lama bisa kempis nya?

    BalasHapus