A. 1 atau 2
1. Enam (atau lebih) gejala inatensi/ gangguan konsentrasi yang menetap 6 bulan atau
lebih dengan derajat berat dan tidak sesuai dengan umur perkembangan.
INATTENSI / GANGGUAN KONSENTRASI
a. Sering gagal memberi perhatian yang cukupterhadap detail, atau membuat
kesalahan karena ceroboh saat mengerjakan pekerjaan sekolah, bekerja atau
aktivitas lain
b. Sering sulit mempertahankan pemusatan perhatian saat bermain atau bekerja
c. Sering seperti tidak mendengarkan bila diajak berbicara
d. Sering tidak enurut instruksi dan gagal mengerjakan pekerjaan sekolah, tugas
di pekerjaan (bukan karena melawan atau bukan karena tidak mengerti)
e. Sering mengalami kesulitan mengorganisir tugas dan aktivitas
f. Sering menghindari, tidak menyukai, atau menolak untuk melakukan tugas
yang memerlukan konsentrasi penuh, misalnya pekerjaan rumah atau pekerjaan
sekolah
g. Sering kehilangan barang-barang yang diperlukan sehari-hari untuk
menyelesaikan tugas dan aktivitas, misalnya mainan, pinsil, buku)
h. Perhatiannya mudah terpecah bila ada rangsang dari luar
i. Pelupa dalam aktivitas sehari-hari
2. Enam atau lebih gejala hiperaktivitas-impulsivitas, yang menetap 6 bulan atau
lebih, dengan derajat berat dan tidak sesuai dengan umur perkembangan
HIPERAKTIVITAS
a. Sering bermain jari atau tidak dapat duduk diam
b. Sering meninggalkan kursi di sekolah atau di situasi lain yang memerlukan
duduk di kursi
c. Sering lari dan memanjat berlebihan di situasi yang tidak tepat. Pada anak
remaja terlihat sebagai rasa gelisah.
d. Sering mengalami kesulitan bermain atau aktivitas lain yang memerlukan
ketenangan
e. Selalu bergerak, seperti didorong motor
f. Sering berbicara terlalu banyak
IMPULSIVE
g. Sering menjawab sebelum pertanyaan selesai ditanyakan
h. Sering sulit menunggu giliran
i. Sering menginterupsi atau mengganggu anak lain, misalnya menyela suatu
percakapan, masuk ke dalam permainan tanpa “antri”
B. Gejala hiperaktif-impulsif mulai terlihat sebelum berumur 7 tahun
C. Gejala terjadi di dua situasi berbeda atau lebih misalnya di sekolah dan di rumah
D. Adanya gangguan bermakna dalam fungsi sosial, akademis, atau pekerjaan
E. Gejala bukan merupakan bagian gangguan perkembangan pervasif (autisme),
schizophrenia, atau gangguan jiwa berat lain, dan bukan disebabkan gangguan
mood, kecemasan atau ansietas, gangguan disosiasi, atau gangguan kepribadian
Tipe:
1. Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder, tipe kombinasi bila didapat
kriteria A1 dan A2 selama 6 bulan terakhir
2. Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder, tipe inatensi bila kriteria A1
dipenuhi tetapi kriteria A2 tidak dipenuhi selama 6 bulan terakhir
3. Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder, tipe hiperaktif-impulsif bila
kriteria A2 dipenuhi tetapi kriteria A1 tidak dipenuhi selama 6 bulan terakhir
Copyright 1994. American Psychiatric Association
Tidak ada komentar:
Posting Komentar